MEGA4D

mega4dyoi.com

beritamega4d.com

canadian-pharmakgae.com

actu-cameroun.com

movients.com

exactnetworthe.com

camerdesign.com

piensamas.com

newschoolkaidan.com

kindaeasyrecipes.com

pgjazz.info

bilik-asmara.com

mega4d

http://purbakalajawatengah.org/

https://tunisianembassyjakarta.com/

https://167.99.79.69/

mega4d

mega4drabu

mega4d

mega4d

mega4d

mega4d

mega4d

mega4d

mega4d

mega4d

mega4d

mega4d

mega4d

mega4d

mega4d

https://mega4djumat.com

https://www.bantryhistorical.com/-/mega4d/

https://typo.co.il/-/mega4d/

https://mialegreinfanciagms.edu.co/wp-content/mega4d-bo/

https://beedefoto.com/

https://blackrootscience.com

https://certapropainterscomplaints.com

https://citasonlinegratis.com

https://codeliverance.org

https://directyourpower.com

https://kofcwhiteakeragency.com

https://roslynflowers.com

https://thinkbigtaguig.com

3 Situs Di Arab Saudi yang Menjadi Sasaran Aksi Vandalisme Jemaah Indonesia – Berita Arab Saudi Dan Sekitarnya

3 Situs Di Arab Saudi yang Menjadi Sasaran Aksi Vandalisme Jemaah Indonesia

3 Situs Di Arab Saudi yang Menjadi Sasaran Aksi Vandalisme Jemaah Indonesia

8jeddah.com – Aksi vandalisme di Arab Saudi tengah menjadi pembicaraan usai beredar beberapa video yang berisi tulisan “Depok” di bebatuan Gua Hira. Arab Saudi memperingatkan kerusakan yang di lakukan secara sengaja terkait utilitas publik atau dengan sengaja menghambat fungsi fasilitas bisa di tahan hingga di kenai denda dengan maksimal SR100 ribu atau sekitar Rp401 juta. Hukuman itu berlaku bagi pelaku utama dan orang yang terlibat di dalam aksi vandalisme. Pelaku juga akan diwajibkan membayar kompensasi untuk memperbaiki kerusakan fasilitas publik FOR4D yang di rusak. Berikut ini terdapat 3 situs di Arab Saudi yang kerap menjadi sasaran aksi vandalisme di antaranya yaitu :

1. Gua Hira

Vandalisme dengan tulisan “Depok” dan sederet nama yang kerap digunakan di Indonesia terpampang di bebatuan yang menjadi trek menuju puncak Gua Hira. Menurut narasi agama Islam, Gua Hira merupakan tempat Nabi Muhammad menerima wahyu pertama melalui Malaikat Jibril yakni Iqra atau bacalah. Tulisan Depok dan sederet nama warga RI terekam dalam video yang diunggah Husein Ja’far Al Haidar di kanal YouTube Jeda Nulis dengan judul “Why Depok di Gua Hira”. Ja’far menceritakan proses mendaki Gua Hira. Namun, proses perjalanan yang seharusnya mengandung nilai-nilai spiritual, kata dia, terganggu karena sampah dan vandalisme.

“Di antara yang saya sayangkan di bebatuan jalur pendakian Gua Hira adalah vandalisme, orang corat-coret enggak jelas,” kata Ja’far di rekaman tersebut. Ia kemudian berujar, “Dan beberapa pelaku vandalisme jelas itu orang indonesia, karena lihat tuh, namanya Rojali, Andriyani, Miftah, dan Depok dong.

2. Jabal Rahmah

Jabal Rahmah juga menjadi lokasi yang menjadi target aksi vandalisme. Menurut narasi Islam, Jabal Rahmah merupakan tempat bertemu Nabi Adam dan Siti Hawa usai diturunkan dari surga dan terpisah selama 300 tahun. Bukit ini juga dikenal sebagai Bukit Kasih Sayang. Lokasi Jabal Rahmah berada di sebelah timur Padang Arafah, dan menjadi bagian prosesi wukuf. Terdapat tugu monumen di puncak bukit Kasih Sayang.

Beberapa orang meyakini jika mereka menuliskan namanya dan nama orang yang dikasihi di tugu itu maka hubungan mereka bakal langgeng. Warga negara Indonesia yang pernah tinggal di Saudi dan tak ingin disebutkan namanya mengatakan, nyaris setengah dari ketinggian tugu Jabal Rahmah penuh dengan coretan. Beberapa menuliskan nama satu orang dengan yang lain dan dibubuhi tanda cinta. Selain itu, terlihat pula nama-nama yang sering digunakan di Indonesia seperti Maman, Saputri.

3. Kiswah Ka’ba

Kiswah adalah kain bersulam emas yang menutupi Ka’bah. Kiswah ini sempat menjadi sasaran aksi vandalisme dari sejumlah jemaah haji atau umrah. Beberapa jemaah memotong kain penutup Ka’bah itu. Pada 2014 silam, salah satu jemaah asal Indonesia diduga memotong kain Kiswah. Polisi menangkap jemaah itu Mekkah. Berdasarkan investigasi petugas menyatakan jemaah it memotong Kiswah sepanjang dua sentimeter. Setelah insiden ini, petugas bergegas menambal bagian yang terpotong dengan kain baru, dikutip Antara. Namun, jemaah tersebut dibebaskan dengan bantuan Konsulat Jenderal RI di Mekkah. Pemerintah Kerajaan Saudi kemudian mengangkat Kiswah selama musim haji agar tak bisa dijangkau jemaah setelah insiden tersebut.

Jeddah Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Liyana Parker

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.