MEGA4D

mega4dyoi.com

beritamega4d.com

canadian-pharmakgae.com

actu-cameroun.com

movients.com

exactnetworthe.com

camerdesign.com

piensamas.com

newschoolkaidan.com

kindaeasyrecipes.com

pgjazz.info

bilik-asmara.com

mega4d

http://purbakalajawatengah.org/

https://tunisianembassyjakarta.com/

https://167.99.79.69/

mega4d

mega4drabu

mega4d

mega4d

mega4d

mega4d

mega4d

mega4d

mega4d

mega4d

mega4d

mega4d

mega4d

mega4d

mega4d

https://mega4djumat.com

https://www.bantryhistorical.com/-/mega4d/

https://typo.co.il/-/mega4d/

https://mialegreinfanciagms.edu.co/wp-content/mega4d-bo/

https://beedefoto.com/

https://blackrootscience.com

https://certapropainterscomplaints.com

https://citasonlinegratis.com

https://codeliverance.org

https://directyourpower.com

https://kofcwhiteakeragency.com

https://roslynflowers.com

https://thinkbigtaguig.com

Resort Modern Dari Gua Peninggalan Masyarakat Adat Arab Saudi – Berita Arab Saudi Dan Sekitarnya

Resort Modern Dari Gua Peninggalan Masyarakat Adat Arab Saudi

Resort Modern Dari Gua Peninggalan Masyarakat Adat Arab Saudi

8jeddah.comArab Saudi yang dikenal sebagai negara tempat umat muslim menjalankan ibadah haji dan umrah. Saat ini tengah gencar memperkenalkan pariwisatanya baik itu di pemerintahan ataupun non pemerintahan. Salah satu tempat yang bisa dikunjungi jemaah umrah adalah Jabal Shada Al-Asfal. Ini merupakan lokasi gua-gua yang terbengkalai dan diubah menjadi resor yang menawarkan banyak pengalaman unik.

Gua yang diukir di lereng gunung ini dibuat oleh penduduk setempat. Dilansir dalam KSA, gua ini termasuk dalam salah satu formasi geologi tertua. Di sini, masyarakat setempat telah mengubah 10 gua gunung yang dulunya terbengkalai. Menurut sejarahnya, gua-gua tersebut di huni oleh masyarakat adat nenek moyang mereka. Kini disulap menjadi resor dengan fasilitas lengkap dan modern.

Gua-gua ini terletak di Shada Al-Asfal, sebuah gunung yang memiliki ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut yang terkenal dengan pertaniannya dan memiliki perkebunan kopi Shadawi. Gunung ini juga merupakan situs penting dan sering digunakan untuk penelitian ilmiah. Abdulrahman Nasser Al-Shadawi, pemilik salah satu gua FOR4D yang direnovasi, mengatakan desain gua terinspirasi dari lanskap atau bentangan alam sekitarnya.

Pemilik lainnya, Mohammed Saleh Al-Shadawi menjelaskan bahwa setiap gua memiliki ruang tamu, dapur, kamar tidur dan pemandangan kota yang indah. Keberadaan gua di pegunungan Shada ini bukan karena memang sengaja dibuat oleh manusia melainkan dari hasil erosi terakumulasi sejak berabad-abad lamanya. Erosi terjadi ketika terdapat gas keluar dari batuan beku hingga akhirnya lambat laun proses tersebut meninggalkan sebuah lubang yang makin membesar. Pengunjung yang datang ke sini akan berkesempatan untuk menjelajahi gua-gua lain yang belum diubah menjadi resor. Sehingga pengunjung dapat belajar sejarah peninggalan dari peradaban ribuan tahun lalu. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas lain seperti hiking, memanjat gunung dan bersepeda.

for4d

bet4d

shiowla

Jeddah Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Liyana Parker

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.